wb_sunny

Faidah Mempelajari Sirah Nabawiyah

Faidah Mempelajari Sirah Nabawiyah


Beberapa Faidah dan Manfaat Mempelajari Sirah Nabawiyah diantaranya :
  1. Mengetahui asbab Nuzul kebanyakan ayat dan asbab wurud hadits Nabi, dimana hal ini dapat membantu memahami makna ayat dan hadits serta menyimpulkan hukum dari keduanya.
  2. Bekal bagi para du'at dan pejuang Islam. Dengan belajar sirah mereka akan memiliki tekad dan motivasi yang kuat,karena mereka memiliki teladan dan pendahulu yang telah mempersembahkan juhud (pengorbanan) yang besar berupa tetesan darah untuk menjayakan Islam. Dengan belajar sirah pula para da'i makin tahu betapa mahalnya hidayah pada Agama ini dan betapa mulianya orang-orang berdawah dan berjihad memperjuangkannya.
  3. Sirah nabawiyah sendiri merupakan salah satu mu'jizat dan tanda kenabian Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Ibn Hazm rahimahullah berkata, "Bagi yang mengkaji dengan seksama Sirah nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam yang agung ini akan membenarkan dan mempersaksikan bahwa beliau adalah benar-benar Rasul Allah. Andaikan beliau tidak memiliki mu'jizat selain sirahnya, maka sudah cukup. (Al-Fashlu fil Milal wan Nihal,2/190).
  4. Mengetahui jalan ideal menjayakan Islam seperti yang ditempuh oleh Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam. Beliau diutus pada saat manusia berada dalam kondisi kehidupan yang paling buruk. Bahkan lebih buruk dibanding kondisi ummat-ummat para Nabi selain beliau. Dengan belajar sirah kita mengetahui bgaimana beliau memulai da'wah, bgaimana berpindah dari satu marhalah (fase) ke marhalah berikutnya. Hingga Allah sempurnakan Dien ini, dan Allah sempurnakan nikmat-Nya kepada kaum Muslimin.
  5. Mengenali faktor-faktor  yang menjadikan para sahabat radhiyallahu 'anhum layak dan pantas memimpin ummat manusia. Dengan belajar sirah kita dapat mengetahui pula bagaimana mereka ditarbiyah (dibina dan dikader) oleh nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Hal ini dapat menumbuhkan kecintaan terhadap mereka, menumbuhkan semangat mengikuti metode mereka,dan menapaktilasi jalan mereka.
  6. Belajar sirah dapat menumbuhkan dan meningkatkan kecintaan kepada Nabi dan para sahabat. Karena seolah-olah mereka hadir di tengah-tengah kita, dan kita berada di tengah-tengah mereka. Kita bahagia dengan kebahagiaan bersama bahagia mereka, menangis bersama tangisan mereka, dan bahagia atas kemenangan mereka. Karena tidak dapat dipungkiri, kebersamaan yang lama suka dan duka termasuk faktor penguat ikatan cinta dan persaudaraan.  Inilah berkahnya belajar sirah nabawiyah yang mulia. Ia termasuk salah satu simpul iman. Dimana tidak akan sempurna iman seorang hamba dia mencintai Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam melebihi cintanya pada orang tuanya, anaknya, dan seluruh manusia.
  7. Belajar Sirah Nabawiyah merupakan kenikmatan ruhiyah dan gizi bagi hati yang suci.
  8. Belajar sirah membantu setiap Muslim untuk mengetahui kebanyakan hukum-hukum fiqh, nilai-nilai pendidikan (durus tarbawiyah), siyasah syar'iyyah, dan sebagainya. Seorang pemimpin sangat butuh belajar dari sirah tentang bagaimana Nabi memimpin. Demikian pula dengan seorang prajurit,dari sirah dapat belajar menjadi prajurit yang benar. Apa lagi para da'i dan murabbi.Mereka sangat butuh belajar dari sirah bagaimana da'wah dan tarbiyah dijalankan.
  9. Mengenali kemuliaan (syaraf) nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, dan bagaimana beliau dijaga oleh Allah 'Azza Wa Jalla dari gangguan manusia. Bagaimana Malaikat turun berperang bersama beliau pada perang Badar, Ahzab (Khandaq), dan Hunain? Serta bagaimana Malaikat Jibril dan Mikail turun melindungi tubuh beliau yang mulia pada perang uhud?
  10. Mengetahui sebab kemenangan dan kekalahan. Diantara sebab kemenangan adalah tsiqah kepada Allah, bertawakkal, dan merendahkan diri pada-Nya, serta menjalani sebab  yang menghantarkan kepada kemenangan. namun tidak menggantungkan diri pada sebab dan selalu mengimani bahwa pertolongan dan kemenangan datang dari Allah Ta'ala. Adapun sebab kekalahan (hazimah) diantaranya seperti yang terjadi pada perang uhud, yakni kecenderungan terhadap dunia, dan seperti yang terjadi pada perang Hunain yakni terpedaya dengan jumlah yang banyak.
  11. Sebagai panduan hidup bagi pribadi dan masyarakat Muslim, dan panduan serta sumber yang murni dalam memahami syariat Islam. Sirah Nabawiyah juga merupakan gambaran benar tentang konsep hidup yang pernah disaksikan penduduk bumi. Karena ia merupakan sejarah Rasul Allah  yang paling mulia sekaligus pemimpin seluruh ummat manusia.

(disadur dari Waqafat Tarbawiyah ma'as Sirah an Nabawiyah, karya Syekh Ahmad Farid, hlm. 13-14)

oleh : Ustadz Syamsuddin Al-Munawiy
Grup WA Belajar Islam Intensif

Tags