wb_sunny

Ketua Umum Wahdah Islamiyah Hadiri Undangan Pertemuan Raja Salman Bersama DPR

Ketua Umum Wahdah Islamiyah Hadiri Undangan Pertemuan Raja Salman Bersama DPR

 

wahdahtamalate.com – Ketua Umum Wahdah Islamiyah Ust. Muhammad Zaitun Rasmin hari Kamis (02/03/2017) menghadiri pertemuan Raja Salman bersama DPR RI. Pertemuan bersejarah ini berlangsung selama sekitar 1 jam di Gedung Nusantara. Gedung ini adalah gedung yang sama ketika Raja Faisal berkunjung ke DPR GR (Gotong Royong) 47 tahun silam.

Ust. Zaitun yang juga merupakan Wakil Sekjen MUI Pusat ini hadir bersama para ulama dan tokoh Islam lainnya. Nampak hadir pula para tokoh dari MUI, ormas-ormas Islam, serta para pimpinan pesantren dari berbagai daerah. Diantaranya seperti KH Arifin Ilham, Ust. Yusuf Mansur, Ust. Bachtiar Nasir, Syafi’i Antonio, dll.

Pertemuan ini diawali dengan sambutan Ketua DPR Setya Novanto. Dalam sambutannya Novanto mengingatkan kembali komitmen kedua negara 47 tahun yang lalu untuk menghadapi zionisme, komunisme, dan menjaga perdamaian dunia.

Novanto juga mengatakan, “Barang siapa mengingkari hubungan baik antara Indonesia dengan Saudi, maka dia seperti mengingkari adanya matahari di siang bolong.” Sontak pernyataan ini disambut tepuk tangan meriah dari para peserta.

Berikutnya Raja Salman menyampaikan pidato singkat. Beliau sangat mengapresiasi hubungan baik yang selama ini sudah terjalin. Beliau mengatakan, “Sesungguhnya tantangan yang kita hadapi khususnya bagi umat Islam dan dunia secara umum, seperti fenomena terorisme, benturan peradaban (the clash of civilizations), tidak adanya penghormatan terhadap kedaulatan negara serta melakukan intervensi terhadap urusan dalam negerinya telah mengharuskan kita untuk menyatukan barisan dalam menghadapi tantangan ini serta melakukan koordinasi dalam melakukan berbagai upaya dan sikap yang dapat memberikan manfaat bagi kepentingan kita bersama serta keamanan dan perdamaian dunia.”

Usai pertemuan, Ust. Zaitun yang juga Ketua Ikatan Da’i Asia Tenggara sempat diwawancarai oleh beberapa wartawan. Ust. Zaitun diminta berkomentar mengenai sinergitas Islam moderat yang ada di kedua negara.

Alumni Univesitas Islam Madinah ini berpendapat bahwa Islam yang ada di Indonesia maupun di Arab Saudi sama-sama Islam moderat dan tidak ada pertentangan. Beliau katakan,”Mainstream di Saudi Islam moderat juga. Jadi, ketemu kita disini.”

Beliau sangat mengapresiasi kunjungan kenegaraan ini. Menurut beliau, ini semua menunjukkan ketulusan dan keikhlasan Raja Salman maupun Kerajaan Saudi secara umum. Beliau menghimbau agar tidak ada lagi pandangan sebelah mata terhadap negara-negara Arab dan utamanya Saudi.

Tags